Thursday, July 14, 2016

Asal-Usul Pokemon Go

POKEMON GO !!
INGRESS adalah ASAL USUL POKEMON GO !!
Beberapa hari terakhir ini pasti sering banget denger soal pokemon, berburu pokemon, nyari pokemon dan posting-posting status soal pokemon. Sebenernya ada apaan sih ? kok rame banget ? Saya bukan orang yang paling tahu soal game ini, tapi akan saya ceritakan sejarah game ini.
Adalah Niantic, sebuah perusahaan yang didirikan sebagai anak perusahaan Google pada 2010 yang menciptakan kehebohan ini. Meskipun sebelumnya game ini pada awal 2013 Niantic merelease sebuah ‘Permainan’ yang mendunia, sebuah permainan yang hanya dimainkan oleh sekitar 0,04% Penduduk dunia (angka ini didapatkan dari jumlah user G+ yang subscribe ke akun G+ ingress dibandingkan dengan jumlah penduduk dunia pada 2015), sebuah game eksklusif yang membuat para gamer keluar dari zona nyaman.
Mendengar kata Gamer, tentunya akan terbayang mereka yang menghabiskan berjam-jam di depan PC atau console game mereka, namun ingress menantang gamer untuk memainkan permainan dengan meninggalkan tempat duduk mereka. Ingress adalah sebuah game dengan konsep Augmented Reality pertama yang dimainkan secara global dan mendunia, sebuah sejarah yang hanya dikenal oleh segelintir orang segelintir pemain ingress atau yang biasa dikenal sebagai Agen Ingress.


Sekilas cerita tentang latar belakang cerita permainan ingress. Ingress adalah sebuah permainan berdasarkan lokasi (GPS based game) yang berkisah tentang manusia “melawan” makhluk asing yang membuat game ini memiliki 2 kubu (faction) yaitu Kubu Resistance (Biru / Smurf) dan Elightened (Hijau / Kodok), kedua kubu ini sendiri masing-masing memiliki visi dan misi yang berbeda dan kisah dibelakangnya, Niantic sendiri rajin membagikan cerita dan kisah melalui G+ (https://plus.google.com/communities/103803967875500436831 ) dan Youtube Channel Ingress ( https://www.youtube.com/c/ingress/videos ), pada awal permainan sebagaimana saya ingat, game ini membuat saya berdebar-debar dan takjub, bahwa saya seolah sedang berinteraksi dengan dimensi yang berbeda (ya memang dimensi yang berbeda sih, dunia maya) begitu login, saya diketemukan dengan peta dan sebuah tanda segitiga yang kecil sekali (sebagai avatar saya), kemudia peta tersebut adalah peta komplek rumah saya (WAH!!). Awalnya saya bingung, gimana cara saya menggerakkan karakter yang ada di smartphone saya, pencet kesana-kemari, tap sana-sini ndak mau bergerak, saya mulai bingung dan sedikit kecewa, karena mungkin game-nya rusak atau smartphone saya tidak kompatibel pikir saya, kemudian sambil terus mengutak-atik, saya keluar rumah untuk merokok di teras, ternyata avatar saya bergerak-gerak, sambil sedikit gugup saya berjalan ke depan rumah, ternyata avatar saya juga bergerak, lalu saya jalan ke depan rumah tetangga saya dan avatar saya bergerak semakin jauh, saya masuk ke gang belakang rumah saya dan berjalan ke pos kamling yang berjarak sekitar 100 meter dari rumah saya, dan tepat seperti dugaan saya, avatar saya bergerak ke lokasi pos kamling itu berada pada peta di smartphone saya, benar-benar sebuah hal baru buat saya.

Ingress Portal

Kemudian ternyata ada interaksi dengan obyek lain didalam permainan ini, interaksi dengan Portal. Portal adalah sebuah obyek yang didalam dimensi permainan ingress ini digambarkan seperti energy burst (bayangin aja air mancur) berwarna putih (jika netral, dan biru atau hijau jika dikuasai salah satu faction), sedangkan di dunia nyata Portal ini adalah sebuah lokasi tempat berkumpulnya manusia / orang-orang. Portal pertama yang saya kunjungi adalah sebuah Monumen di tengah-tengah alun-alun mojokerto (waktu itu hanya ada 12 portal di kota saya) dan ini merupakan portal default. Tidak berapa lama, saya di mention (iya dimention kayak di Twitter gitu), bagaimana saya bisa dimention ? ya karena tiap action dan interaksi yang saya lakukan di permainan ingress ini akan tercatat dan di announce (di umumkan) misalnya :
@OmBrewok Capture Alun-Alun Mojokerto (Jalan Majapahit, Prajuritkulon, Mojokerto City, East Java 61312, Indonesia)
Codename (nama) akan tertulis sesuai warna faction dan tebal (saya biru), action akan tertulis warna biru muda dan nama portal akan tertulis dengan garis bawah, dan iya.. lengkap sama alamatnya, keren sekali kan ? dan untuk mention, tinggal tap ke nama dan tuliskan pesan, dan sebagaimana game lainnya, pesan bisa berupa pesan public (bisa dibaca kedua faction) atau pesan pribadi (dibaca rekan sesama faction saja).


Kemudian, Niantic sendiri juga memberikan kesempatan kepada para Agen Ingress untuk mengusulkan titik / koordinat yang memiliki kriteria tertentu untuk diusulkan sebagai portal dan portal inilah yang kemudian dipakai oleh Niantic dan dijadikan sebagai Pokestop dan Gym di berbagai lokasi, beberapa kriteria dalam pengusulan portal dalam game ingress adalah :

1. lokasi dengan cerita bersejarah atau memiliki nilai pendidikan (bukan sekedar kuno dan tua saja)
2. Situs sejarah dan penanda
3. sebuah arsitektur unik atau sebuah hasil karya yang menarik (Patung, lukisan, mosaik, instalasi cahaya, dll)
4. Tempat yang menampilkan seni rupa (misalnya, seni pertunjukan teater dan museum)
5. Bangunan yang dirancang oleh arsitek terkenal / struktur terkenal khusus untuk arsitektur mereka
6. Hidden gem (sesuatu yang bernilai dan tersembunyi)
7. Sebuah tempat lokal yang populer 
Selain menggunakan kriteria penerimaan di atas, kadang kriteria seperti dibawah ini juga akan diterima dan muncul sebagai portal.
1. Perpustakaan Umum (tidak termasuk perpustakaan keliling)
2. Kantor Pos
3. Titik Transit (Stasiun atau Terminal)
4. Tempat ibadah Umum / Publik



Nah, jadi jangan heran, kenapa banyak sekali pokestop yang berupa tempat ibadah, karena apabila Agen mengusulkan portal lalu disetujui dia juga akan mendapatkan poin yang berguna untuk leveling. Dari info diatas, tentunya kalian para Pokemon Trainer bisa mengira-ngira, dimana saja yang memungkinkan untuk menemukan Pokestop dan Gym, karena.. Konon Pokemon hanya muncul di area dimana ada pokestop dan gym disekitar situ, apabila tidak ada pokestop dan gym, maka tidak ada pokemon disekitar situ.
Untuk anda yang bermain Pokemon di wilayah Jawa Timur atau akan berkunjung di Jawa Timur sembari bermain Pokemon Go, jangan lupa gabung di grup Pokemon Go Jawa Timur ya dihttps://www.facebook.com/groups/294342627574438/ untuk mendapatkan informasi dan update tentang Pokemon di Jawa Timur.
Terakhir, game ini adalah real time strategi, untuk memainkan game ini anda "dituntut" untuk berpergian dan menempuh jarak baik yang dekat maupun yang tidak dekat, namun ingatlah untuk selalu bermain dengan aman, berhati-hatilah dengan sekeliling anda, hindari tempat sepi apabila anda sendirian dan jangan bermain sambil mengemudikan kendaraan.
Berikut ini ada beberapa foto dokumentasi acara dan kegiatan temen-temen saat bermain game ini, untuk rekan cross-faction (ENL) barangkali ada yang berkenan kirim foto utk saya jadikan satu disini 
Selamat bermain, dan always keep safe for you and your surrounding.
Jika anda pemain ingress, yuk share post ini dengan menyebutkan codename dan Faction anda 
@OmBrewok | Viva La Resistance

No comments:

Post a Comment